Minggu, 14 Juni 2009

Potensiometer


Potensiometer adalah komponen tiga terminal resistor geser dengan kontak yang menyesuaikan suatu bentuk tegangan pembatas.
Jika hanya dua terminal yang digunakan (satu sisi dan penghapus),ia bertindak sebagai variabel penghambat atau Rheostat.Potensiometer yang umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat listrik seperti kontrol volume dari radio.Potensiometer dioperasikan oleh mekanisme yang dapat digunakan sebagai posisi transduser,misalnya,dalam sebuah joystick.
Konstruksi dari kawat-luka circular potensiometer.Yang dapat melawan elemen yang ditampilkan adalah perangkat trapezoidal,memberikan non-linear hubungan antara perlawanan dan berbelok sudut,berputar dengan poros,memberikan perlawanan yang berubah-ubah antara wiper kontak.
Potensiometer jarang digunakan secara langsung ke penguat signifikan (lebih dari satu watt).Sebaliknya mereka yang digunakan untuk mengatur tingkat sinyal analog (misalnya kontrol volume pada peralatan audio),dan sebagai masukan bagi kontrol elektronik.Misalnya,cahaya lampu dimana menggunakan potensiometer untuk mengontrol beralih dari TRIAC dan langsung jadi kontrol kecerahan lampu.

Potensiometer kadang-kadang diberikan dengan satu atau lebih swich terpasang pada batang yang sama.Misalnya,ketika terpasang ke kontrol volume,tombol yang dapat juga berfungsi sebagai on / off beralih pada volume terendah.

0 komentar:

Posting Komentar

Gudang IkkuChan © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute